Deretan Prasasti yang ada di Indonesia dan Wajib Kalian Ketahui!

Peneliti Utama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yaitu Bambang Budi Utomo telah menjelaskan beberapa prasasti bukti keberadaan Kerajaan yang ada di Indonesia. Dimana kerajaan di Indonesia yang ada dahulu telah dianggap sebagai gabungan bajak laut. Kali ini, kami akan menyebutkan beberapa daftar prasastiyang wajib kalian ketahui. Penasaran? Langsung saja simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Prasasti yang Ada di Indonesia yang Perlu Kalian Ketahui!

1. Prasasti Kedukan Bukit

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu prasasti yang ditemukan di rumah warga yang ada di Lorong Kedukan, Kelurahan 35 Ilir, Palembang. Dimana prasasti ini dituliskan pada sebuah batu andesit yang tidak dibentuk dan masih dalam keadaan yang alami. Prasasti ini juga terdapat tida pertanggalan penting hingga terbentuknya wanua (kampung), yaitu pertama pada 23 April 682 Dapunta Hiyan yang melakukan perjalanan suci untuk merayakan hari Trisuci Waisak.

2. Prasasti Ciraruteun

Prasasti ini telah ditemukan di tepi aliran sungai Ciaruteun yang ada di Kecamatan Ciampea, bogor di tahun 1863. Dimana pada tahun 1981 ini, prasasti telah diangkat dan sisimpan dalam cungkup yang ada kecamatan Cibungbulang. Usaha pemindahan ini telah dilakukan oleh Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejaarh dan Purbakala, Departmen Pendidikan dan Kebudayaan. Dimana bentuk tulisan pada prasasti ini menunjukkan prasasti ini dibuat pada abad V. Prasasti ini ditulis dalam aksara Palawa dan berbahasa Sansakerta sebanyak 4 barios yang masing-masing 8 suku kata bunyi.

3. Prasasti Jambu

Selanjutnya adalah benda kuno prasasti yang telah ditulis dalam dua baris tulisan Pallawa dan berbahasa Sanskerta yang telah ditemukan oleh Jonathan Rigg pada tahun 1854. Dimana lokasi ini ditemukannya prasasti yang masuk ke dalam wilayah perkebunan karet yang berada di Desa Parakanmuncang, Nanggung, Bogor.

4. Prasasti Kebon Kopi

Berikutnya adalah prasasti yang biasa ditemukan di Kampung Muara yang sudah aja sejak awal abad ke-19 saat diadakan penebangan hutan untuk pembukaan perkebunan kopi. Dimana prasasti ii telah dituliskan pada sebongkah batu andesit yang ada di salah satu bidang permukaan yang rata, beraksara Pallawa, berbahasa Sansekerta, dan telah diapit oleh sepasang gambar telapak kaki gajah.

5. Prasasti Cidanghiang

Tugu ini merupakan salah satu prasasti yang telah ditemukan di tahun 1947 yang berada di Sungai Cidangiang yang ada di desa Lebak, Munjul, Pandeglang. Dimana prasasti ini terdapat lukisan sepasang kaki yang mana terdapat bacaannya yang berisikan penguasa dunia yang perkasa, prabu yang setia serta penuh kepahlawanan dan menjadi panji segala raja yang termashur Purnawarman.

6. Prasasti Tugu

Dan yang terakhir adalah prasast ayng berisi keterangan penggalian sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan penggalian sungai Candrabaga oleh Rajadirajaguru dan panggilan Sungai Gomati yang ada di sepanjang 6112 tombak atay 12 kilometer oleh Purnawarman di tahun ke-22 masa pemerintahannya. Prasasti ini telah dipahatkan pada batu andesit yang berbentuk bulat telur dengan tinggi sebesar 1 meter yang tulisannya terdiri dari 5 varis yang berisi aksara Pallawa dan bahasa sansekerta.

Nah itu dia 6 daftar prasasti yang wajib kalian ketahui yang tersebar di Indonesia. Itu dia benda kuno prasasti yang menjadi bukti hadirnya sebuah kerajaan kuno yang ada di Indonesia. Sekian informasi ini kami sampaikan, terima kasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *