MEMPELAJARI BEBERAPA PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA YANG PENUH ARTI

MEMPELAJARI BEBERAPA PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA YANG PENUH ARTI

Negara yang kental dengan sejarahnya ini membuat banyak yang bisa dipelajari dan ditelaah. Negara Indonesia pernah dijajah oleh beberapa negara, yang dimana membuat banyak peninggalan yang ditinggal di Indonesia. Tidak hanya ceritanya saja yang tertinggal dan membekas, tetapi barang – barang yang membuat cerita ini menjadi lebih nyata rasanya. Tak sedikit bangunan – bangunan pada saat masa penjajahan yang dijadika sebuah museum. Sehingga masyarakatnya bisa mempelajari dan tidak lupa dengan sejarah yang ada, sehingga terbentuknya negara Indonesia yang merdeka. Nilai yang berada pada barang – barang peninggalan sejarah itu memiliki nilai tinggi. Jangan meremehkan barang peninggalan sejarah, karena terdapat nilai yang tidak bernilai di dalamnya.

Dapat terus mengingat sejarah yang sudah terjadi menjadi hal yang harus dilakukan oleh setiap masyarakat di negara tersebut. Karena dengan begitu bisa terus merasa bangga dengan apa yang sudah negara ini lakukan. Indonesia dapat merdeka seperti ini, tidak terlepas dari perjuangan para pahlawan yang sudah rela berkorban. Bahkan mereka bertarung dengan mengorbankan nyawa. Saking pentingnya sejarah, sampai di pendidikan itu terdapat pelajaran sejarah. Yang di mana sejarah itu tidak boleh dilewatkan, setidaknya kita bisa mengetahui apa yang pernah terjadi dimasa lalu. Untuk kamu yang ingin mengetahui tentang peninggalan sejarah apa saja yang ada di Indonesia. Langsung simak saja ulasan ini, untuk dapat menambah wawasan kamu.

1.Tulisan

MEMPELAJARI BEBERAPA PENINGGALAN SEJARAH DI INDONESIA YANG PENUH ARTI

Terdapat peninggalan sejarah berupa tulisan. Pastinya tulisan tersebut berbeda dengan tulisan di zaman mereka. Karena mereka menggunakan bahasa di zaman itu seperti bahasa sansekerta. Mereka menuliskan tulisan tersebut tidak hanya pada alas kertas saja, tetapi pada batu . Biasanya tulisan tersebut mengkisahkan tentang kejadian penting yang sudah terjadi, sehingga mereka mengabadikannya dengan menulisnya disebuat batu. Terdapat dua kategori tulisan :

-Prasasti

Prasasti

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa penulisan tidak hanya dituliskan dengan beralaskan kertas. Tetapi juga ditulis diatas sebongkah batu, yang disebut dengan prasasti. Tidak menggunakan bahasa atau huruf seperti sekarang, mereka menggunakan bahasa sansekerta dan huruf Pallawa. Mereka menuliskan kejadian penting yang terjadi oleh orang yang memiliki jabatan seperti raja.

-Naskah Kuno

Naskah Kuno

Berbeda dengan sebelumnya, ini ditulis dengan alas kertas. Karena berupa tumpukan dokumen yang didalamnya ada informasi yang sudah lalu. Dikumpulkan dalam bentuk kitab, syair dan yang lainnya.

2.Bangunan

Bangunan

Terdapat banyak bangunan yang tersebar diseluruh Indonesia, yang kental dengan peristiwa sejarahnya. Bangunan tersebut banyak macamnya, tidak hanya bangunan kantor atau rumah saja yang ditinggalkan oleh penjajah atau orang – orang kita terdahulu. Tetapi bangunan tersebut seperti candi, masjid, keraton, monument, dan yang lainnya.

Bangunan tersebut dijadikan objek pariwisata yang dilindungi. Diperuntukan untuk masyarakat yang ingin mengetahui tentang sejarah dari bangunan tersebut, juga yang ingin lebih memahami tentang nilai yang terkandung di dalamnya.

3.Benda – Benda

Benda – Benda

Peninggalan sejarah seperti benda – benda ini biasanya disimpan didalam museum, agar terjaga sehingga bisa menjadi bukti dari kejadi di masa lalu. Benda – benda tersebut banyak sekali jenisnya, dari mulai fosil, artefak, dan arca.

Benda yang tersisa dari kejadian dimasa lalu, menjadi saksi bisu dari perjalanan hidup dunia dari tahun ke tahunnya.

4.Adat Istiadat

Adat Istiadat

Ini terus menjadi turun menurun yang dilestarikan dan terus dibudidayakan disetiap daerahnya. Seperti upacara adat, yang menjadi kebiasaan dari kepercayaan orang – orang disuatu daerah. Sampai sekarang ini masih bisa kamu jumpai, biasanya yang masih sering menggunakannya itu orang pedalaman.

Itulah peninggalan sejarah yang masih ada sampai sekarang dan masih bisa kamu jumpai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *