Peninggalan Benda Bersejarah Indonesia yang Disimpan Hingga Saat Ini di Museum

Negara Indonesia merupakan slaah satu negara yang tidak hanya kaya akan pertanian, laut, dan kekayaan alamnya saja. Indonesia juga kaya akan beragam peninggalan bersejarah yang membuktikan bahwa cerita sejarah yang sering didengar dalam pelajaran Ilmu pengetahuan Sosial ini ternyata benar adanya. Dimana hal ini terbukti dari munculnya benda-benda peninggalan bersejarah yang sudah cukup banyak ditemukan. Masa penjajahan belanda di negara Indonesia sendiri berlansung selama 350 tahun yang meninggalkan sejarah tersendiri. Yuk langsung saja simak daftar benda kuno yang telah menjadi benda bersejarah di Indonesia, antara lain:

Daftar Benda Bersejarah Indonesia

1. Patung Ken Dedes

Ken Dedes merupakan wanita terkenal dalam sebuah cerita sejarah Indonesia, yaitu permaisuri Tunggul Ametung, sang pendiri kerajaan Tumapel yang menudian menjadi awal dari sejarah kerajaan Singasari. Ken Dedes ini sendiri dianggap sebagai leluhur Raja-Raja yang berkuasa di Singasari dan Majapahit pada saat ini. Kecantikannya membuat KenArok berusaha memperebutkannya dari Tunggul Ametung yaitu Raja SIngasari.

Sosok Ken Dedes ini diabadikan dalam sebuah patung. Dimana pada tahun 1818 patung ini ditemukan oleh seorang berkebangsaan Belanda yang menjadikan patung ini sebagai koleksi. Patung ini disimpan oleh Museum di kota Lainden, Belanda.

2. Patung Ganesha

Patung Ganesha diambil dari dekat candi Singasari, Malang. Yang mana wujud patung  merupakan manusia berkepala gajah yang duduk bersila, berlengan empat, dan berbadan gemuk. Ganesha ini salah satu dewa yang dipuja oleh golongan hindu yang melambangkan pengetahuan serta kecerdesan, dewa pelindung, kebijaksanaan, dan juga penolak bencana.

3. Anusapati

Selanjutnya adalah Anusapati yang merupakan raja kedua kerajaan Singasari yang merupakan anak Ken Dedes dengan Tunggul Ametung. Patung Anusapati merupakan peninggalan sejarah kerajaan Singasari yang diambil dari Candi kidal yang berada di daerag Malang. Pengambilan patung Anusapati ini terjadi bersamaan dengan patung Ken Dedes di dalam tahun 1818 yang membuat patung ini dipulangkan ke tanah air hingga saat ini.

4. Naskah Kuno Keraton Kasunanan Surakarta

Pemerintahan Surakarta sendiri menyampikan keinginan Belanda mengembalikan beberapa peninggalan penting di Keraton Kasunanan Surakarta yang hilang. Dimana salah satu peninggalan penting Keraton ini merupakan naskah kuno yang paling penting berisikan sebgaai jejak para leluhur yang hilang. Upaya pengembalian ini sendiri belum jelas, bagaimana bentuknya. Tidak hanya itu, bahwa disimpan juga satu mobil kuno milik Raja yang merupakan sebagai mobil pertama di Idnonesia saat dahulu.

5. Prasasti Bersejarah

Dan yang terakhir aalah prasasti yang merupakan bukti penting keberadaan tokoh sejarah yang menunjukan dan menggunakan kisah cerita nenek moyang dan menjadi benda bersejarah di Idnonesia. Jejak sejarah benda ini sendiri masih terpampang melalui tulisan yang da di prasasti yang ditemukan oleh para peneliti sejarah. Dengan bantuan prasasti ini, dimana poitongan yang hilang dari suatu kisah sejarah dilengkapi dan dijelaskan di prasasti ini. Banyak prasasti penting yang dibawa belanda, seperti diantaranya Prasasti Sangsang dan Wujakana di Museum Tropen, Prasasti Guntur di Rotterdam, dan enam prasasti lainnya.

Nah itu dia beberapa daftar benda kuno bukti dari peninggalan sejarah yang pernah terjadi di Indonesia. Benda-benda ini juga sebagian besar masih disimpan oleh pihak Belanda di beberapa museum yang ada di sana. Sekain informasi ini kami sampaikan semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *