Penemuan Harta Karun Kuno Berharga di Indonesia

Penemuan Harta Karun Kuno Berharga di Indonesia
Penemuan Harta Karun Kuno Berharga di Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara yang tidak hanya memiliki sejarah yang panjang saja. Kekayaan alam yang dimiliki Indonesia dari berbagai peradaban masa yang berupa emas, perhiasan, artefak, koin, maupun benda berharga lainnya. Indonesia merupakan sebauh tempat lokasi pundi-pundi tersembunyi di mana mengundang sejumlh pemburu harta untuk datang serta mencari berbagai peruntungan. Terdapat beberapa penemuan barang kuno yang merupakan harta peninggalan bersejarh yang pernah terjadi di masa lampau. Berikut adalah penemuan hatya karun di Indonesia yang tengah menjadi perhatian mata dunia.

Daftar Penemuan Barang Kuno Berharga di Indonesia

1. Harta Karun (Tsunami Aceh)

Daftar yang pertama ini merupakan sebuah harta karun yang ditemukan dekat kuburan kuno yaang keberadaannya dikuak gelombang tsunami dahsyat yang melanda Aceh pada tahun 2004. Di mana ditemukannyaa sebuah kotak yang ditutupi koral dan tiram yang ternyata berisikan koin emas bertuliskan aksara Arab. Koin yang ditemukan tersebut diperkirakan berasal antara tahun 1200 sampai 1600 masehi.

2. Harta Karun Kerabat Nabi

Selanjutnya adalah penemuan harta karun terbaring di dasar laut Indonesia selama lebih dari 1.000 tahun. Sebanyak 270 ribu objek termasuk kristal, permata, keramik, porselen Tiongkok, mutiara, dan emas ditemukan para penyelam di sebuah bangkai kapal dari Abad ke-10 yang berjarak 80 mil dari Pelabuhan Cirebon, antara pulau Kalimantan dan Pulau Jawa.

Keberadaan kapal di kedalaman 56 meter itu awalnya dilaporkan para nelayan yang tengah menjala ikan di sekitarnya. Ekskavasi dilakukan antara bulan April 2004 dengan bulan Oktober 2005. Tim penyelam harus melakukan 22 ribu perjalanan dari kapal barang tersebut untuk mengambil muatannya. Para penyelam ini adalah bagian dari anggota tim hasil kolaborasi antara dua perusahaan, yakni Cosmix Underwater Research Ltd dengan perusahaan lokal, PT Paradigma Putra Sejahtera.

Pemburu harta dari Belgia, yang bernama Luc Heymans ikut serta dalam pencarian warisan nenek moyang tersebut. Di antara benda berharga yang ditemukan adalah batu permata besar yang konon milik Dinasti Fatimiyah. Berdasarkan catatan sejarah, Dinasti Fatimiyah mengklaim sebagai keturunan Nabi Muhammad. Fatimah merupakan putri bungsu Nabi Muhammad dari istri pertama, Khadidjah.

3. Bangkai Kapal Harta Belitung

Sebuah kapal layar berjenis dhow mengarungi lautan dari Afrika ke China sekitar 830 Masehi silam. Tetapi, saat berlayar pulang ia tenggelam di titik 1,6 kilometer dari lepas pantai Pulau Belitung. Tilman Walterfang, merupakan seorang direktur perusahaan beton asal Jerman ikut menemukan harta karun bernilai jutaan dolar itu. Ia menyelam ke dasar lautan.

“Saya mendarat di apa yang tampak seperti bagian terumbu karang biasa,” kata Walterfang kepada majalah Jerman Der Spiegel.

“Benar-benar mirip gundukan bawah air seukuran sebuah bukit kecil yang terbentuk dari puluhan ribu keping keramik yang terawat dengan baik.” Harta karun itu memiliki  makna sejarah besar sehingga pihak Shanghai, Singapura, dan Doha di Qatar saling berlomba untuk membelinya.

Sekitar 60 ribu artefak dikumpulkan tim Walterfang dari dasar laut, termasuk kendi minuman anggur, mangkuk teh dengan pola timbuk dari emas, piala perak, juga piring berusia 1.200 tahun. Bangkai kapal ini berkontribusi terhadap dua penemuan besar bagi para arkeolog, yakni koleksi artefak tunggal terbesar dari zaman Dinasti Tang yang ditemukan di puing-puing kapal, yang dikenal dengan sebutan “harta karun Tang”.

4. Harta Karun “Titanic dari Timur”

Dan yang terakhir adalah seorang pemburu asal Australia yang telah menemukan bangkai kpal Tek Sing yang telah mengangkut 360 ribu porselen. Penemuan terbesar gerabah berharga asal Tiongkok dari era Dinasti Ming.

Itu dia 4 daftar barang kuno bersejarah yang wajib kalian ketahui. Barang-barang antik ini dinilai memiliki harga pundi-pundi yang berharga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *