Jenis Peninggalan Sejarah di Indonesia Beserta Maknanya

Jenis Peninggalan Sejarah di Indonesia Beserta Maknanya

Sejarah merupakan kisah atau cerita kejadian kehidupan yang terjadi di masa lampau. Bagaimana sejarah ini membuat kita manusia yang belum hidup di masa lampau, tetap dapat mengetahui berbagai peristiwa ataupun kejadia yang terjadi melalui peninggalan sejarah yang terdapat di Indonesia. Indonesia sendiri memiliki beragam peninggalan sejarah, seperti budaya, adat istiadat, bangunan, bahkan berbagai benda kuno bersejarah lainnya. Pada kesempatan ini, kami akan membahas berbagai jenis peninggalan sejarah itu sendiri, beserta dengan makna yang terdapat di berbagai peninggalan bersejarah yang ada. Penasaran, yuk langsung saja simak daftar jenis peninggalan bersejarah yang ada di bawah ini.

Jenis Peninggalan Bersejarah yang Ada di Indonesia

1. Bangunan

Daftar yang pertama ini peninggalan bersejarah yang berupa bangunan, seperti candi, relief, serta gapura. Seperti sisa peninggalan Kerajaan Singashari berupa Candi Kagenengan, Candi Jago, Candi Singashari, dan Candi Kidal. Peninggalan Kerajaan Majapahit itu sendiri berupa Candi Tikus, Candi Tegalwangi, Candi Surawana, Candi panataran, dan Candi Sawenta. Candi Muara Takus merupakan peninggalan sejarah Kerajaan Sriwijaya.

2. Prasasti dan Karya Seni Ukir

Peninggalan sejarah lainnya adalah prasati ataupun karya seni ukir. Seni ukir peninggalan sejarah itu sendiri, seperti arca, relief di candi, serta patung Budha. Prasasti merupakan batu yang di dalamnya terdapat sebuah tulisan. Contoh prasasti peninggalan sejarah itu sendiri, antara lain Prasasti Ciaruteun, Prasasti Amogapasha, serta lainnya.

Seperti peninggalan sejarah kerajaan Kutai itu sendiri adalah Yupa yang ditemukan di aliran sungai Mahakam Kalimantan timur. Peninggalan kerajaan Tarumanegara itu sendiri beruoa tujuh buah prasasti, yaitu Prasasti Ciaruteun, Pasir Jambu, kebon Kopi, Pasir Awi, Muara Ciateun, Cidanghiang, dan Prasasti Tugu. Dan masih banyak lagi peninggalan sejarah yang berupa prasasti lainnya yang ada di Indonesia.

3. Karya Sastra

Dan untuk peninggalan sejarah yang satu ini menceritakan sebuah kisah dalam suatu kerajaan. Contohnya Negarakertagama merupakan sebuah kitab yang menceritakan kerajaan Majapahit. Seperi kitab Smaradhana merupakan karya sastra yang ditulis oleh Mpu Dharmaja. Kitab Bharatayudha yang ditulis oleh Mpu Panuluh dan Mpu Sedah.

Makna Peninggalan Sejarah yang Ada di Indonesia

Peninggalan sejarah merupakan salah satu kekayaan bangsa yang harus selalu dijaga serta dilestarikan. Peninggalan sejarah merupakan alat bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari sejarah di masa lalu.

Melalui peninggalan sejarah kita dapat mempelajari kisah terbentuknya negara dan kisah perjuangan para pahlawan kita merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Melalui sejarah, kita juga dapat mengambil pelajaran-pelajaran positif yang dapat dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat yang dapat kita peroleh dengan mempelajari sejarah adalah seperti di bawah ini.

  • Kita dapat mempelajari nilai-nilai baik yang terkandung dalam sejarah.
  • Kita akan menjadi bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawan.
  • Kita dapat mengetahui sejarah bangsa di masa lampau.
  • Kita dapat menjadi bangsa yang berbudaya tinggi.

Begitu banyak manfaat yang diperoleh dari mempelajari sejarah. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan melestarikan peninggalan sejarah yang ada dalam negeri kita. Beberapa cara yang dapat kita lakukan, antara lain sebagai berikut.

  • Tidak merusak peninggalan sejarah dan mengambil peninggalan sejarah tersebut untuk kepentingan pribadi.
  • Ikut menjaga kebersihan benda bersejarah di antaranya dengan tidak mencoret-coret dan mengotorinya.
  • Turut mempromosikan peninggalan sejarah tersebut agar menjadi tujuan wisata.
  • Tidak menjual benda yang berupa peninggalan sejarah bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *