Deretan Museum Dunia yang Menyimpan Historis Peninggalan Indonesia

Museum merupakan salah satu tempat yang dapat menyimpan berbagai barang kuno hasil dari peninggalan sejarah yang mampu membuka tabir masa lalu dimana peradaban manusia belum dapat dipelajari melalui artefak, diorama, serta koleksi museum lainnya. Museum ini sendiri memiliki beragam jenis, begitupun dengan museum yang ada di dunia ini. Nah, kali ini kamia akan menyebutkan beberapa daftar museum di dunia yang hingga saat ini masih menyimpan sejarah dari Indonesia. Penasaran? Simak lengkapnya berikut ini.

Museum di Dunia Dengan Berbagai Sejarah di Indonesia

1. National Museet

Daftar yang pertama ini merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Eropa Utara, dimana jaraknya dengan negara Indonesia sangat jauh sekali. Museum nasional ini ternyata memiliki koleksi sejarah yang ada di Indonesia. Dimana koleksi ini berupa benda etnografi peradaban Aceh, bendera Aceh resmi yang diperkirakan pada tahun 1850 hingga 1900. Koleksi barang antik ini sendiri sebanyak 140 buah yang dikumpulkan dan mampu menjelaskan peradaban masyarakat Aceh itu sendiri.

2. Museum of Crystal

Selanjutnya adalah salah satu kota di negara Rusia tepatnya di kota Gus – Khustalny. Dimana museum ini memiliki berbagai koleksi yang menceritakan sebuah bangsa Indonesia. Akan ada sekitar 300 jenis benda seni dan budaya yang ada di negara Indonesia yang dipamerkan dalam museum ini. Bahkan ada seperti ukiran kayu, topeng, patung garuda, dan budaya Indonesia yang sudah dipamerkan dalma museum tersebut. Museum ini membuat masyarakat di dunia dapat berkenalan mengenai sebuah negara di Indonesia dan dengan peradaban tradisionalnya yang khas di mata dunia.

3. Museo de Musica Etnica de Barranda

Museum yang berada di kota Caravaca di provinsi Murcia di negara Spanyol yang berada di kawasan Eropa Barat dengan nama resmi Mureo de Musica Etnica de Barranda. Museum ini akna mengumpulkan berbagai mcam alat musik entik dari seluruh penjuru dunia. Dimana koleksi ini juga dapat menceritakan tentang Indonesia yang merupakan alat musik gamelan, kelontang, angklung atau sasando. Alat tradisional ini juga mampu menceritakan sebuah peradaban budaya bangsa Indonesia yang unik dan menarik di mata dunia melalui berbagai rangkaian yang diselenggarakan dalam museum ini.

4.  Tropen Museum

Berikutnya adalah sebuah museum antropologi yang berada di kota Amsterdam di negara Belanda. Bangsa Belanda memiliki banyak koleksi melainkan berbagai barang antropologi dari berbagai seluruh penjuru dunia yang dipamerkan dalam museum ini. Kolkse barang Indonesia dalam museum ini sendiri berjumlah lebih dari 5500 buah yang terdiri atas alat musik tradisional khas Indonesia dan benda teater Indonesia lainnya. Museum ini juga dikenal sebagai museum yang terbanyak di dunia dengan berbagai rangkaian koleksi yang berasal di Indonesia.

5. Missionarry Ethnological Museum

Dan yang terakhir adalah sebuah museum yang dimiliki oleh gereja Vatikan di negara Vatikan, dimana terdapat berbagai macam barang etnologi para misionaris yang bekerja untuk gereja vatikan. Barang ini dikumpulkan dari seluruh penjuru dunia yang lintas benua, salah satunya adalah Indonesia. Barang etnologi tersebut disimpan rapi dalam museum di Vatikan ini dan dipamerkan pada masyarakat umum.

Nah itu dia 5 daftar museum di dunia yang memiliki dan menyimpan berbagai benda kuno peninggalan sejarah milik negara Indonesia. Pernakah di natara kalian yang sudah mengunjungi salah satu museum diatas ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *