Deretan Jenis Barang Kuno Peninggalan Bersejarah

Deretan Jenis Barang Kuno Peninggalan Bersejarah
Deretan Jenis Barang Kuno Peninggalan Bersejarah

Wilayah Indonesia begitu luas serta memiliki beragam suku bangsa dan budaya yang berbeda-beda. Berbagai juensi peninggalan bersejarah dari nenek moyang yang bernilai tinggi. Jenis peninggalan sejarah sendiri memiliki beragm varian yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan membahas seputar jenis barang kuno peninggalan sejarah yang wajib kalian ketahui. Penasaran? Yuk, langsung saja simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Jenis-Jenis Barang Kuno Peningglan Sejarah yng Wajib Kalian Ketahui

1. Tulisan

Barang kuno peninggalan sejarah yang masuk dalam kategori tulisan, adalah:

  • Prasasti

Peninggalan sejarah berupa tulisan atau gambar pada batu ini menceritakan sebuah peristiwa yang menggunakna huruf Pallawa dengan bahasa sansekerta. Tahukah kalian, prasasti tertua di Indonesia yaitu bernama Prasasti Yupa yang berada di Kalimantan Timur sekitar 500 M. Selain itu, tersedia juga Prasasti Telaga Batu dari Palembang, Prasasti Ciaruteun di Jawa Barat peninggalan Kerajaan Taruma Negara.

  • Naskah Kuno

Dokumen penting yang berisikan informasi zaman dahulu berupa karya sastra seperti syair, hikayat, legenda, dan kitab. Seperti naskah naskah kuno adalah Kitab Sutasoma dan Kitab Negarakertagama dari Kerajaan Majapahit, serta Kitab Tajussalatina dari Kerajaan Melayu.

2. Bangunan

Jenis penginggalan sejarah yang berupa bangunan, antara lain adalah:

  • Candi

Bangunan yang terbuat dari batu ini  merupakan tempat yang sering dijadikan tempat ibadah untuk Hindu msupun Budha. Seperti salah satu contohnya adalah candi Borobudur yang ada di Magelang Jawa Tengah.

  • Benteng

Bangunan sebagai tempat pertahanan terhadap serangan musuh ini biasanya peninggalan zaman penjajahan atau kerajaan di Nusantara. Seperti Benteng Marlborough di Bengkulu, Benteng Fort de Kock di Bukittinggi, Benteng Vredeburg di Yogyakarta, dan Benten Vastenberg di Surakarta.

  • Monumen

Bangunan yang dibuat untuk mengenang jasa seorang tokoh bagi sebuah bangsa sekaligus memperingati peristiwa bersejarah. Seperti Monumen Nasional (Tugu Monas) Jakarta, Monumen Tugu Muda Semarang, Monumen Proklamasi Jakarta, Monumen Palagan Ambarawa Semarang dan Monumen Pers Nasional di Surakarta.

  • Museum

Museum merupakan gedung, rumah, bahkan tempat yang digunakan untuk menyimpan benda peninggalan bersejarah. Seperti Museum Purbakala Sangiran di Sragen, Museum Satria Mandala di Jakarta, dan Museum Sudirman di Magelang Jawa Tengah.

  • Situs

Daerah temuan benda-benda purbakala seperti fosil binatang purba yang merupakan peninggalan zaman purba, zaman Hindu ataupun Budha. Seperti Situs Muara Jambi, Situs Plawangan, Situs Cilongok dan Situs Sangiran.

3. Benda

Penggilan jenis benda bersejarah, yaitu:

  • Fosil

Bagian makhluk hidup yang sudah membatu biasanya sudah mati berjuta-juta tahun yang lalu, berupa tengkorak atau tulang. Di Indonesia banyak ditemukan fosil seperti di Mojokerto Jawa Timur dan Sangiran Jawa Tengah.

  • Artefak

Perkakas atau peralatan yang digunakan manusia zaman dulu yang terbuat dari batu ataupun logam. Berupa alat pertanian, peralatan makan dan memasak, senjata atau perhiasan.

  • Arca atau Patung

Arca atau patung biasanya terbuat dari batu yang digunakan orang zaman dulu untuk mengenang orang penting yang sudah meninggal atau perwujudan para dewa dalam ajaran Hindu dan Budha. Contoh Patung Ken Dedes atau Prajna Paramita, Patung Roro Jonggrang di Candi Prambanan dan Patung Dewa Syiwa.

Itu dia beberapa hal seputar jenis barang kuno peninggalan sejarah yang wajib kakian ketahui. Semoga dengan artikel ini disampaikan, dapat menambah wawasan serta pengetahuan pembaca. Beberapa jenis benda kuno peninggalan sejarah di atas merupakan sebuah bukti pernah terjadinya sebuah hal yang telah terjadi di masa lampau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *