Deretan Benda Kuno Peninggalan Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Sriwijaya merupakan kerajaan bercorak Buddha yang diperkirakan telah berdiri sejak abad ke-7 masehi. Kali ini, kami akan merekomendasikan beberapa daftar berbagai peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya yang ditemukan menjadi bukti bahwa kerajaan yang pernah berjaya sebagai kerajaan maritim di Nusantara. Kerajaan Sriwijaya ini berpusat di kota Palembang menjadi salah satu kerajaan maritim terbesar yang kekuasaannya sampai ke wilayah Thailand Selatan. Selain Thailand Selatan, wilayah lain yang telah menjadi daerah kekuasaan kerajaan Sriwijaya meliputi Kamboja, Semenanjung Malaya, Sumatera, hingga Pulau Jawa. Nah, kali ini kami akan merekomendasikan beberapa daftar benda kuno peninggalan sejarah kerajaan Sriwijaya di bawah ini.

Benda Kuno Peninggalan Sejarah Kerajaan Sriwijaya

1. Prasasti Kedukan Bukit

Daftar yang pertama ini adalah prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ditemukan oleh M. Batenburg pada tahun 1920, tepatnya pada tanggal 29 November. Lokasi penemuan prasati ini berada di Kampung Kedukan Bukit, Palembang, tepatnya di tepi sungai Tatang yang mengalir hingga Sungai Musi. Prasasti Kedukan Bukit ini ditulis mengggunakan huruf Pallawa dalam bahasa Melaya Kuno. Tulisan pada prasasti tersebut mengisahkan tentang perjalanan suci menggunakan perahu atau Sidhayarta yang dilakukan oleh seseorang kerajaan bernama Dapunta Hyang.

Diceritakan bahwa selama menempuh perjalanan tersebut, Dapunta Hyang didampingi oleh pasukan yang berjumlah 2.000 orang. Hasil perjalanan ini sendiri berupa penaklukan (penyerangan) ke sejumlah wilayah yang dilewati.

2. Prasasti Telaga Batu

Selanjutnya adalah prasasti yang ditemukan pada tahun 1935 di kota Palembang, tepatnya di sekitar kolam telaga Biru. Prasasti ini berupa batu andesit berukuran tinggi yaitu 118 cm dengan lebar sebesar 148 cm. Pada bagian atas prasasti ini terdapat hiasan berupa kepala ular kobra yang berjumlah 7 buah. Prasasti ini berisi 28 baris tulisan yang dipahat dalam bahasa Melayu Kuno dan aksara Pallawa. Isi dari prasasti ini yaitu berupa kutukan kuno dan aksara Pallawa.

3. Prasasti Ligor

Prasasti Ligor merupakan salah satu situs sejarah Kerajaan Sriwijaya yang dditemukan oelh Thailand Selatan, tepatnya yaitu di Ligor. Peninggalan ini berupa pahatan dua sisi sehingga disebut Ligor A atau manuskrip Viang Sa dan Ligo B. Prasasti Ligor A ini menceritakan tentang kebesaran raja Sriwijaya yang disebut sebagai raja dari segala raja di dunia.

4. Prasasti Karang Berahi

Berikutnya adalah sebuah prasasti yang tertulis bukan di atas batu melainkan di permukaan lempengan tembaga. Peninggalan ini ditulis dalam bahasa Sansekerta dan Tamil yang berisikan tentang hubungan baik antara dinasti Syailendra dan Sriwijaya dan dinasti Chola. Prasasti ini sekarang tersimpan di museum Negeri Belanda.

5. Prasasti Palas Pasemah

Dan yang terakhir adalah sebuah prasasti yang ditemukan di wilayah Lampung Selatan. Prasasti ini berada di desa Palas Pasemah. Prasasti yang berisi 13 baris tulisan yang dipahat dengan huruf Pallawa dalam bahasa Melayu Kuno. Meski tidak tertulis secara jelas mengenai angka pembuatannya, tetapi prasasti yang dibuat pada akhir abad ke-7 Masehi.

Nah itu dia, 5 daftar benda kuno peninggalan bersejarah kerajaan Majapahit. Daftar benda prasasti di atas ini merupakan sebuah bukti terjadinya peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di masa lampau. Benda-benda ini sekarang juga disimpan dan dilestarikan agar dapat menjadi barang kuno berhistori. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian.

Nah itu dia, 5 daftar benda kuno peninggalan bersejarah kerajaan Majapahit. Daftar benda prasasti di atas ini merupakan sebuah bukti terjadinya peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di masa lampau. Benda-benda ini sekarang juga disimpan dan dilestarikan agar dapat menjadi barang kuno berhistori. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *