Daftar Museum yang Wajib kalian Kunjungi Saat Berada di Solo

Daftar Museum yang Wajib kalian Kunjungi Saat Berada di Solo

Solo merupakan kota kecil yang berada di wilayah provinsi Jawa Tengah. Tetapi, kalian akan mengetahui berbagai macam sejarah Indonesia yang tersimpan di dalamnya, melalui berbagai museum yang ada di daerah Solo ini. Kota yang kental dengan adat dan budaya tersebut, ternyata memiliki berbagai peninggalan sejarah yang penting. Beragam peninggalan sejarah tersebut juga disimpan rapi di berbagai museum yang ada di kota budaya atau Solo ini. Nah untuk kalian yang sedang berlibur di wilayah Solo, jangan lupa untuk berkunjung ke wisata alam berikut ini.

Berbagai Museum yang Menyimpan Peninggalan Sejarah Indonesia

1. Museum Radya Pustaka

  • Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Salah satu museum tertua yang berada di kota Solo ini sudah dibangun sejak tahun 1890 lalu. Museum Radya Pustaka ini telah berdiri sejak zaman Sri Susuhunan Pakubuwono IX yang mengoleksi beragam benda pusaka kuno, seperti keris, tombak, wayang kulit, gamelan, hingga naskah kuno. Museum ini juga memiliki artian sebagai perpusatakaan keraton, dan tidak heran jika kalian menjumpai lebih dari 400 naskah kuno di dalamnya.

2. Museum Lokananta

  • Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 379 A, Kerten, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

Selanjutnya adalah pantai Klayar yang berada di daerah Pacitan dan menawarkan deburan air ke udara. Di mana saat ombak mengenai batu karang akan ada butiran air yang terciprat ke udara. Tidak hanya itu, para wisatawan yang hadir juga akan menikmati pemandangan perbukitan karang yang alami oleh air plus ombak yang besar. Pantai Klayar terletak di daerah Samudera Hindia yang ombaknya sangatlah ganas. Bahkan, setiap hari gelombang airnya selalu berubah sehingga tidak cocok untuk lokasi berenang maupun aktivitas laut lainnya.

3. Monumen Pers Nasional

  • Alamat: Jl. Gajah Mada No. 76, Timuran, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Monumen Pers Nasiional merupakan sebuah museum khusus pers nasional yang memiliki berbagai macam koleksi di dalamnya. Koleksi yang ada di dalamnya meliputi teknologi komunikasi dan teknologi reportase sebagai penerbangan, mesin ketik, pemancar, telepon, dan sebagainya. Museum ini memiliki koleksi yang terdiri lebih dari 1 juta koran dan majalah yang beraneka ragam bukti sejarah terkait dengan pers Indonesia. Museum ini sendiri dibangun pada tahun 1978 setelah lebih dari 20 tahun diusulkan dan dioperasikan oleh Kementerian komunikasi dan Informatika Indonesia.

4. Museum Keris Nusantara

  • Alamat: Jl. Bhayangkara No. 2 Sriwedari, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta

Berikutnya adalah museum yang memiliki 409 koleksi keris dengan berbagai jenis dan ukuran, 38 tombak, dan benda-benda pusaka bersejarah lainnya. Tidak hanya itu, museum ni juga dilengkapi dengan video visual tentang perjalanan keris di Indonesia serta ruangan sebagai pusat pembelajaran keris. Museum Keris Nusantara ini terdiri dari 4 lantai dengan bangunan yang terkesan modern bahkan dilengkapi dengan eskalator. Museum ini berada di kota Solo dn diresmikan oleh bapak Presiden Joko Widodo (Preside Republik Indonesia ke-7) pada 09 Agustus 2017.

5. Keraton Surakarta Hadiningrat

  • Alamat: Jl. Sidikoro, Baluwerti, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Dan yang terakhir adalah Keraton Solo yang dahulunya berfungsi sebagai kerajaan, serta lebih difungsikan sebagai museum dan tempat wisata. Di sini, kalian juga akan melihat berbagai macam koleksi benda keraton dan segala benda yang mengandung unsur budaya Jawa. Untuk mengunjungi tempat ini, kalian juga harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan.

Itu dia 5 daftar museum yang berada di kota Solo dan dapat menambah wawasan kalian seputar tempat barang kuno bukti dari adanya peninggalan sejarah pada jaman dahulu. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *