Daftar Benda Kuno Bukti Peninggalan Sejarah Mataram Kuno

Kerajaan Mataram kuno merupakan kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang didirikan tepatnya di daerah Jawa Tengah dengan Jawa Timur. Kerajaan Mataram Kuno juga sering disebut dengan nama “kerajaan medang”. Selama berdirinya kerajaan ini, terdapat 3 dinasti yang memegang kekuasaan yaitu dinasti Sanjaya, Syailendran, dan juga Isana. Nah pada kesempatan ini, kami akan membahas beberapa barang bukti peninggalan sejarah kerajaan Mataram kuno ini. Simak daftar benda bukti peninggalan sejarah di bawah ini.

Benda Kuno Peninggalan Sejarah Mataram Kuno

1. Prasasti Sojomerto

Daftar yang pertama ini merupakan salah satu peninggalan sejarah dinasti Syailendra yang berada di kota Batang, Jawa Tengah. Di mana pada prasasti ini berisikan tulisan yang menggunakan bahasa Melayu kuno dengan aksara bahasa Kawi. Prasasti ini dibuat pada akhir abad ke-7 atau awal dari abad ke-8. Prasasti ini dibuat saat Mataram kuno masih beragam Hindu Siwa. Dalam prasasti ini terdapat nama keluarga dari raja-raja dinasti Syailendra terkhusus raja Dapunta Salendra yang memiliki ayah dan ibu bernama Santanu dan Sampula.

2. Prasasti Kelurak

Selanjutnya adalah prasasti yang dibuat pada tahun 782 Masehi yang terdapat di dekat Candi Lumbung, Prambanan, Jawa Tengah. Prasasti ini isinya ditulis dengaan menggunakan bahasa Sansekerta dengan aksara Pranagari. Dalam prasasti ini terdapat informasi mengenai dibuatnya candi Sewu atas perintah raja Indra yang berkuasa pada saat itu.

3. Prasasti Ratu Boko

Prasasti Ratu Boko merupakan prasasti yang ditemukaan di daerah Baka yang isinya merupakan peperangan saudara antara Balaputra Dewa dengan Rakai Pikatan yang mana Balaputra Dewa kalah dalam peperangan tersebut. Berdasarkan penelitian ini dibuat sejak tahun 856 masehi.

4. Prasasti Kalasan

Berikutnya adalah prasasti peninggalan dinasti Sanjaya kerajaan Mataram Kuno yaang dibuat pada tahun 778 masehi. Prasasti ini terdapat di Sleman Jogjakarta. Prasasti ini menggunakan bahasa Sanskerta dengan aksara Pranagari (huruf yang berasal dari India Utara). Dalam prasasti ini berisi mengenai keberhasilan Guru Sang Raja dalam merayu Kariyana Panangkara atas permintaan keluarga dinasti Syailendra supaya dapat bersedia mendirikan bangunaan suci untuk Dewi Tara. Selain itu, isinya juga terdapat tentaang pemberian hadiah desa Kalasan sebagai tempat biasa bagi biarawan sebagai tempat suci bagi mereka.

5. Prasasti Mantyasih

Benda kuno peninggalan sejarah lainnya adalah prasasti yang berasal dari dinasti Sanjaya yang didapatkan di daerah Matesh, Magelang Utara, Jawa tengah. Prasasti ini digunakaan sebagai bukti sah raja Balitung sebagai raja. Isi dari prasasti ini adalah penetapan bebeas pajak bagi daerah tertentu. Dan terakhir dijelaskannya tentang keberadaan gunung Sumbing dan Sindoro

6. Prasasti Wanua Tengah III

Dan yang terakhir adalah prasasti peninggalan sejarah kerajaan mataram kuno. Sebuah prasasti ini dibuat pada tahun 908 Masehi tepatnya di daerah Gandulan, Koloran. Dalam isi prasasti kerajaan mataram kuno ini disebutkan smeua nama raja mataram kuno sehingga keberadaannya sangat penting untuk penelitian selanjutnya.

Ini dia 6 daftar benda kuno bukti dari peninggalan sejarah mataram kuno yang wajib kalian ketahui. Prasasti tertulis ini adalah barang kuno bukti dari pernah terjadinya sebuah sejarahatau kejadian yang terjadi di masa lampau. Prasasti ini membuktikan bukti bahwa benda-benda kuno ini adalah peninggalan dari dinasti Sanjaya dan Syailendra. Sekian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat membantu kalian menambah wawasan serta pengetahuan untuk kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *