Daftar Benda Kuno Bukti Peninggalan Sejarah Kerajaan Demak

Indonesia memiliki berbagai peninggalan sejarah kerajaan yang beragam, diantaranya sriwijaya, mataram, banter, singosari, majapahit, dan lain sebagainya. Di antara kerajaan yang ada ini masing-masing memiliki peninggalan bersejarah yang berupa prasasti Talang tuo dan masih banyak lagi. Nah, kali ini kami akan membagikan beberapa benda kuno peninggalan kerajaan Demak yang wajib kalian ketahui. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di jawa Tengah yang menjadi sentral penyebarluasan ajaran Islam di tanah Jawa. Penasaran benda kuno apa saja yang menjadi peninggalan sejarah kerajaan Demak? Simak lengkapnya berikut ini.

Benda Kuno Peninggalan Sejarah Kerajaan Demak

1. Bedug & Kentongan

Daftar yang pertama ini merupakan kedua alat tradisional yang sangat bersejarah, di mana pada zaman kerajaan tempo dulu belum ada pengeras suara seperti yang sekarang ini. Oleh sebab itu, masyarakat pada zaman dahulu menggunakan kentongan serta bedug yang menandai telah masuknya waktu untuk sholat.

2. Soko Tatal & Soko Guru

Selanjutnya adalah suatu tiang penyangga yang terbuat dari bahan kayu yang berdiameter kurang lebih mencapai 1 meter dengan jumlah 4 buah. Tiang ini sendiri biasa digunakan untuk menyangga bangunan Masjid Agung Demak. Dari penamaan ini ternyata telah menyimpan filosofi yang menarik. Di mana, ternyata Sunan Kalijaga baru saja menyelesaikan tiga buah tiang dalam pembangunan masjid sudah sampai tahapan pemasangan atap.

3. Pintu Bledek

Pintu ini merupakan pintu pahatan yang dibuat Ki Ageng Selo pada tahun 1466. Konon katanya asal mula pintu ini berawal saat ki ageng menggunakan kekuatan spiritualnya yang berupa sambaran petir untuk membuat pintu, dan tempat pembuatannya yang berada di sawah. Lalu dibawa pulanglah pintu ini dan disajikan sebagai pintu utama bangunan masjid Agung Demak oleh Raden Patah.

4. Surya Majapahit

Berikutnya adalah gambar dekorasi bentuk segi delapan yang sangat dikagumi pada saat masa era majapahit. Di mana surya ini diperkirakan dibuat pada tahun 1401 Saka atau saat 1479 Masehi. Para peneliti juga mengungkapkan peninggalan sejarah yang satu ini merupakan lambar dari pada kerajaan Demak.

5. Maksurah

Maksurah ialah ukiran kaligrafi ayat Al-quran yang dipajang menghiasi dinding masjid Agung Demak. Maksurah ini merupakan peninggalan sejarah kerajaan Demak yang dilukis oleh seorang adipati Aryo Purbaningrat yang telah melukisnya pada tahun 1866.

6. Dampar Kencana

Selanjutnya ialah tempat duduk singgasana para sultan, yang kemudian dijadikan sebagai mimbar khotbah di dalam Masjid Agung Demak. Tetapi mimbar ini sekarang hanya disimpan dalam sebuah museum, agar tidak mudah rusak.

7. Mihrab

Mihrab merupakan tempat yang digunakan oleh imam pada saat masa kerajaan Demak yang di mana didalamnya terdapat gambar hewan bulu prasasti Condro Sengkolo. Prasasti ini juga dikatakan memiliki arti “Sariro Sunyi Kiblating Gusti” pada tahun 1401 saka/ 1479 Masehi. Hal ini merupakan masa kerajaan Demak yang telah berkembang proses akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudayaan Jawa.

8. Piring Campa

Dan yang terakhir adalah peninggakan kerajaan yang juga merupakan pemberian putri Campa yaitu ibu Raden Patah. Keseluruhan piring porselen ini berjumlahkan 65 buah yang telah digunakan sebagai hiasan pada dinding masjid.

Nah ini dia beberapa peninggalan sejarah kerajaan Demak yang wajib kalian ketahui. Sekian artikel ini kami sampaikan, semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kalian ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *