Cara Mengetahui Usia Sebuah Benda Kuno

Sejarah merupakan hal penting untuk kita ketahui dan gali kebenarannya. Untuk bisa memperoleh suatu kisah sejarah yang tepat, maka dialkukan proses penelitian yang mendalam dan juga akurat. Sejarah suatu masyarakat ataupun bangsa dapat diketahui melalui penemuan bukti dan juga fakta. Dari fakta inilah, para sejarahwan menemukan petunjuk terjadinya suatu peristiwa yang berada di masa lampau. Fakta ini diperoleh melalui bukti yang menjadi sumber penulisan sejarah. Masyarakat sendiri memiliki akal dan budaya yang cukup tinggi. Usia peninggalan sebauh sejarah dapat kalian lakukan dan ketahui melalui beberapa cara berikut ini.

Tips Cara Mengetahui Usia Sejarah Benda Kuno

1. Berdasarkan Tipologi

Cara penentuan usia peninggalan budaya ini berdasarkan tipe dari peninggalan tersebut. Semakin sederhana bentuk suatu peninggalan, maka semakin tua usia benda tersebut. Hanya saja, cara ini seringkali menimbulkan masalah yang mana beda sederhana belum tentu dibuat terlebih dahulu dari benda yang lebih halus serta sempurna buatannya. Contohnya adalah benda dari tanah liat ini digunakan bersama-sama dengan benda dari logam dan plastik.

2. Berdasarkan Stratigrafi

Cara penentuan selanjutnya suatu benda bisa dilihat berdasarkan lapisan tanah di mana benda ini berasal dan ditemukan. Di mana semakin bawah lapisan tanah tempat penemuan benda peninggalan budaya, semakin tua juga usianya sehingga dapat disimpulkan bahwa lapisan paling atas merupakan lapisan paling muda.

3. Berdasarkan Kimiawi

Berikutnya adalah suatu cara penentuan umur benda peninggalan sejarah berdasarkan unsur kimia yang terkandung dalam benda tersebut. Hal ini biasanya menggunakan penentuan melalui unsur C-14 (Carbon 14) atau unsur Argon. Sumber benda bersejarah ini merupakan sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan benda kebudayaan, misalnya alat atau benda budaya, seperti kapak, gerabah, perhiasan, manik-manik, candi, dan juga patung. Sumber sejarah ini belum seluruhnya diinformasik kebenarannya.

Menentukan usia benda kuno cukuplah rumit, di mana sumber sejarah perlu diteliti, dikaji, dianalisis, serta ditafsirkan dengan cermat oleh para ahli. Berikut ini adalah sumber-sumber sejarah yang diperlukan dari berbagai ilmu bantu, seperti:

  • Epigrasi

Ilmu yang mempelajari sebuah tulisan kuno yang bisanya berada di prasasti

  • Arkeologi

Selanjutnya adalah ilmu yang mempelajari benda ataupun peninggalan kuno.

  • Ikonografi

Ilmi ini bisanyan mempelajari tentang patung-patung

  • Nomismatik

Ilmi ini biasanya mempelajari sebuah mata uang

  • Ceramolagi

Ilmu yang mempelajari sebuah keramik

  • Geologi

Ilmu ini mempelajari lapisan bumi

  • Antropologi

Ilmu ini merupakan ilmu yang mempelajari asal usul kejadian seperti perkembangan makhluk manusia dan juga kebudayaannya

  • Paleontologi

Ilmu ini akan mempelajari sisa makhluk hidup yang sudah membatu

  • Paleoantropologi

Berikutnya adalah ilmu yang akan mempelajari bentuk manusia yang paling sederhana hingga saat ini

  • Sosiologi
    Ilmu ini mempelajari adanya sifat keadaan dan juga pertumbuhan masyarakat
  • Filologi

Filologi merupakan ilmu yang mempelajari sebauh bahasa, kebudayaan, pranata, sejarah suatu bangsa sebagaimana terdapat di bahan-bahan tertulis.

Nah itu dia beberapa cara mengetahui penentuan usia sebuah benda kuno peninggalan sejarah. Sebuah benda kuno peninggalan sejarah bisa kalian ketahui dengan beberapa tisp cara yang ada di atas ini. Dengan berdasarkan beberapa cara di atas ini, kalian dapat mengetahui berapa lama benda ini ada, dan diperkirakan merupakan benda kuno peninggalan sejarah apa. Demikian beberapa tips cara mengetahui usia sebauh benda kuno dari kami, sekian dan semoga membantu ya sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *