Benda Kuno Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang Berupa Prasasti

Pada masa lampau, Indonesia memiliki berbagai kerajaan yang tersebar di berbagai wilayah, salah satunya kerajaan tarumanegara. Di mana kerajaan Tarumanegara merupakan kerajaan Hindu yang beraliran Dewa Wisnua yang terletak di Jawa Barat dan sempat berkuasa mulai abaad ke-4 hingga ke-7. Kerajaan Tarumanegara sendiri merupkan kerajaan tertua yang ada di Indonesia yang telah didirikan tahun 358 oleh Rajadiraguru Jayasingawarman. Yuk, kita simak beberapa peninggalan sejarah kerajaan Tarumanegara yang wajib kalian ketahui.

Peninggalan Kerajaan Tarumanegara yang Berupa Barang Kuno

1. Prasasti Tugu

Prasasti Tugu ditemukan di daerah tugu, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Dalam prasasti ini terdapat lima baris tulisan dalam bahasa Sansekerta dan aksara Palawa. Tulisan ini menceritakan sebuah penggalian Sungai Candrabaga yang dilakukan pada masa pemerintahan Rajadirajaguru sepanjang 12 kilometer. Serta penggalian Sungai Gomati di tahun 22 oleh Purnawarma selama masa pemerintahannya.

2. Prasasti Jambu

Selanjutnya adalah sebuah prasasti yang disebut juga dengan Prasasti Pasir Koleangkak yang ditulis dalam bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa. Prasasti ini ditemukan di sekitar perkebunan jambu di bukit Koleangkak, sekitar 30 kilometer di sebelah barat Bogor. Selain berisi tulisan, prasasti Jambu ini terdapat gambar telapak kaki.

3. Prasasti Pasir Awi

Prasasti ini ditemukan berisi tulisan, karena terdapat beberapa prasasti yang berisikan gambar. Selain prasasti kebon kopi, peninggalan kerajaan Tarumanegara lainnya yang berisi gambar adalah Prasasti Pasir Awi. Prasasti ini berisikan pahatan gambar dahan, ranting, dedunan, serta buah-buahan. Prasasti yang trletak di lereng sebelah Selatan bukit Pasir Awi di kabupaten Bogor ini terdapat gambar sepanjang telapak kaki.

4. Prasasti Cidanghiyang

Berikutnya adalah berbagai peninggalan kerajaan taarumanegara yang tersebar di wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa Barat. Prasasti ini ditemukan di Kampung Lebak, yang berada di tepi Sungai Cidanghiang, kecamatan Munjul, k=Kabupaten Pandeglang, Banten. Prasasti ini ditemukan di tahun 1947 di mana terdapat dua baris tulisan dalam bahasa Sansekerta yang menggunakan huruf Palawa. Isis dari prasasti ini ialah mengenai keberanian Raja Purnawarman.

5. Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun disebut juga sebagai Prasasti Ciampea yang ditemukan di tepi sungi Ciaruteun yang berada di dekat tepi Sungai Cisadane. Prasasti yang terdapat tulisan yang terdiri dari empat baris dan ditulis dlam bahasa Sansekerta dengan huruf Palawa. Prasasti ini terdapat lukisan yang terlihat seperti laba-laba serta telapak kaki Raja Purnawarman.

6. Prasasti Kebon Kopi

Benda kuno peninggalan sejarah kerajaan Trumanegara lainnya adalah prasasti yang ditemukan di Kampung Muara Hili, kecamatan Cibungbulang. Sebuah lukisan telapak kaki gajah ini terlihat ada pada permukaan peninggalan kerajaan tarumanegara. Tapak kaki ini disamakan dengan tapak kaki gajah Airawata, sebuah gayang yang pernah ditunggangi Dewa Wisnu.

7. Prasasti Muara Ciaten

Dan yang terakhir adalah peninggalan kerajaan tarumanegara yang dinamaakan sesui dengan daerah tempatnya ditemukan. Prasasti ini sendiri ditemukan di sebuah tepi sungai Cisadane, dekat dengan Muara Ciaten.

Nah itu dia 7 daftar benda kuno peninggalan sejarah kerajaan Tarumanegara yang wajib kalian ketahui. Di atas merupakan daftar prasasti peninggalan sejarah yang pernah ada di kerajaan tarumanegara yang ada dan terjadi di masa lampau. Prasasti ini juga berisikan berbagai gambar maupun tulisan bukti sebuah sejarah yang ada sebelumnya. Demikian informasi seputar peninggalan sejarah ini kami sampaikan, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *