Deretan Daftar Barang Peninggalan Sejarah Kerajaan Mataram

Mataram merupakan salah satu kerajaan besar yang ada di Nusantara dan berada di Bumi Mataram, Jawa Tengah. Dimana kerajaan ini berlokasikan di daerah subur, Mataram yang sukses bergerak dalam bidang agraris. Kerajaan Mataram ini sendiri pernah beradadi bawah pimpinan kekuasaan 3 wangsa, adapun Wangsa Sanjaya, Wangsa Syailendra dan Wangsa Isyana. Kerajaan ini sendiri runtuh setelah adanya terjadi perpecahan dan perang saudara yang terjadi akibat adanya masalah ekonomi. Kerajaan Mataram ini akhirnya meninggalkan beberapa peninggalan sejarah berupa candi maupun prasasti yang kebanyakan ditemukan di wilayah Jawa Tengah. Penasaran, simak lengkapnya berikut di bawah ini.

Peninggalan Sejarah Kerajaan Mataram yang Wajib Kalian Ketahui

1. Prasasti Kedu

Daftar yang pertama ini merupakan sebuah peninggalan dari Wangsa Sanhaya. Prasasti ini biasanya kalian temukan di Kampung Matesah, Jawa Tengah yang memuat daftar silsilah raja Mataram yang ada sebelum Raja Balitung.

2. Prasasti Kalasan

Selanjutnya adalah salah satu benda peninggalan sejarah Wangsa Sanjaya yang kalian temukan di Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Dimana prasasti ini berusia sekitar 700 Saka atau 788 Masehi. Dimana prasasti ini bertuliskan dalam sebuah huruf Pranagari dan juga menggunakan bahasa Sansekerta.

3. Prasasti Ratu Boko

Prasasti ini merupakan salah satu peninggalah sejarah kerajaan Mataram kuni yang sudah berusia hingga 792 Masehi. Peninggalan sejarahsatu ini juga dinamkan sebagai Abhayagiruwuhara yang artinya adalah seorang biara yang dibangun pada sebuah bukit kedamaian. Dimana prasasti ini sendiri menceritakan sebuah sejarah kekalahan Balaputradewa dalam sebuah peperangan dengan Pramordawardhani. Prasasti ini akan kalian temukan di Kecamatan Prambanan , Sleman, Yogyakarta.

4. Candi Mendut

Candi satu ini didirikan pada masa pemerintahan Raja Indra dinasti Syailendradi sebuah kota Mungkid, Magelang, Jawa Tengah. Candi satu ini berasal dari sebuah hiasan ukiran makhluk khayangan, yaitu dewata gandarwa dan apsara atau bidadari, seorang dua ekor kera dan juga seekor garuda.

5. Kanjeng Kyai Joko Piturun

Berikutnya adalah sebuah pusaka berada pada urutan kedua dunia keris di lingkungan krato Yogyakarta. Keris ini diberikan kepada putra seorang mahkota Kraton Yogyakarta. Keris ini merupakan salah satu senjata pernah dimiliki Sunan Kalijaga ditempa oleh bahan material besi kenamaan di Kerajaan Demak.

6. Kanjeng Kyai Pleret

Sebuah pusaka yang merupakan tombak milik Danang Sutowojoyo atau Penembahan Senopati pendiri Kraton Mataran yang sekarang ini sudah menjadi Kraton Mataran yang sekarang sudah menjadi Kraton Yogyakarta. Cerita Kanjeng Kyai Pleret ini berawal dari air mani Syeh Maulana Maghribi. Dimana tetesan air tersebut berubah wujud menjadi mata tombak yang dinamai Kanjeng Kyai Pleret.

7. Kanjeng Kyai Ageng Kopek

Dan yang terakhir adalah pusaka keris utama yang berada di lingkungan Kraton Yogyakarta. Pusaka ini juga telah dipegang oleh Sultan yang tengah bertahta di Keraton Yogyakarta. Pusaka ini hanya dipegang oleh Sultan uyang bertahta di Keraton Yogyakarta. Keris ini digunakan sejak Hamengkubuwono 1 hingga X. Dimana pusaka ini menyerta Raja semenjak keberadaan negara Belanda hingga Mataram yang bersatu dengan menggunakan Negara Kesatuan Republik Indonesia mengusir pemerintahan kolonial yang ada di Belanda. Senjata satu ini merupakan salah stu pusaka atribut atau simbol atas peran Sultan sebagai pemimpin spiritual dan kerajaan atau negara.

Nah itu dia benda peninggalan sejarah yang wajib kalian ketahui di kerajaan Mataram Kuno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *