INI DIA BANGUNAN YANG MENJADI SAKSI BISU SAAT MASA PENJAJAHAN BELANDA

INI DIA BANGUNAN YANG MENJADI SAKSI BISU SAAT MASA PENJAJAHAN BELANDA

Sebuah sejarah yang tidak akan pernah terlupakan yang pernah bangsa Indonesia ini alami. Dijajah oleh beberapa negara, karena ingin merebut kekayaan dari mulai SDM dan SDA yang dimiliki oleh Indonesia. Tetapi mereka tidak dapat mengambilnya meskipun sudah memberikan penderitaan selama bertahun – tahun lamanya. Dengan semangat dan juga kerja keras yang pantang luntur membuat Indonesia bisa  merdeka dengan jalannya sendiri. Salah satunya adalah negara belanda yang memberikan mimpi buruk kepada Indonesia selama 350 tahun. Segala tipu daya yang diluncurkan demi merebut Indonesia ini, sudah dilakukannya. Waktu yang sangat lama tersebut, membuat mereka banyak membangun tempat – tempat disini. Dan beberapa tempat tersebut masih ada sampai sekarang.

Menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia, bangunan tersebut tidak sedikit yang dijadikan sebagai sebuah museum. Tidak hanya bangunan sebetulnya yang ditinggalkan oleh belanda, banyak barang dan juga lainnya yang menjadi bukti dari sejarah itu sendiri. Merasa kebingungan sejenak, sebab belanda yang sudah menjajah negara kita. Dengan berbagai pertempuran yang sudah dilalui, pertumpahan darah yang sudah terjadi ini. Ternyata terdapat beberapa peninggalan sejarang yang dimana masih berfungsi dan digunakan oleh bangsa Indonesia untuk kepentingan masyarakat. Entah menjadi hal yang harus disyukuri atau bagaimana, karena memang apa yang sudah ditinggalkan ini memiliki nilainya tersendiri. Penasaran apa saja sebetulnya peninggalan belanda yang masih ada sampai dengan sekarang ini? Untuk kamu yang senang dengan sejarah, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1.Lawang Sewu

INI DIA BANGUNAN YANG MENJADI SAKSI BISU SAAT MASA PENJAJAHAN BELANDA

Menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan ini, ternyata adalah peninggalan dari belanda. Tepatnya berada di kota Semarang ini, kamu bisa menemukan tempat ini. Karena tempat ini memang populer, terkenal dengan cerita – cerita mistisnya yang sudah menjadi legenda. Sehingga tidak sedikit orang yang penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi dan dapat dirasakan ketika masuk ke dalam.

Didirika saat tahun 1904 ini, yang dahulunya digunakan sebagai kantor dari Netherlands – Indische Spoorweg Maatschappji atau yang bisa disingkat dengan NIS ini. Memiliki keunikan, karena banyak sekali pintu yang dibangun, sehingga diberi nama dengan lawang sewu. Tetapi jumlah pintu ini tidak sama seperti dengan namanya seribu. Jangan sampai kamu kelewatan saat berkunjung ke Semarang dan datang ke Lawang Sewu. Tidak akan semenakutkan seperti yang ada pada foto atau sejarahnya. Karena banyak sekali orang yang datang untuk berkunjung kesana.

2.Gereja Katedral

Gereja Katedral

Gereja yang berada di ibu kota ini, didirikan ketika 1901. Biasanya gereja ini tidak disebut dengan nama ini, karena dia memiliki nama  lain yaitu Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga. Menjadi peninggalan yang masih digunakan ini, dirancang oleh seorang arsitek yang bernama Marius Hulswit yang mana dia adalah orang asli Belanda.

Disamping dari bangunan gereja ini, terdapat tempat ibadah lainnya yaitu Mesji Istiqlal. Yang dimana masjid ini pun mmeiliki gaya yang memiliki nuansa seperti di Eropa. Ketika itu menaranya akan dibuat seperti kubah, hanya saja melihat dari geografis Indonesia yang mudah gempa, diganti jadi logam.

3.Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Selama tiga tahun terbentuk museum fatahillah ini, yang dahulu memiliki nama Balai Kota Batavia. Bentuk dari bangunannya sendiri memang dibentuk serupa dengan istana dam yang  berada di Amsterdam.

Diubah menjadi museum saat tahun 1974, yang dimana museum ini memiliki tiga lantai yang bisa kamu kelilingi danjelajahi.

Itulah bangunan peninggalan sejarah dari Belanda yang masih ada sampai sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *