5 Benda Bersejarah Indonesia yang Terdapat di Belanda

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui jika Belanda menjajah Indonesia untuk mengeksploitasi menusia dan sumber daya alamnya. Contohnya adalah kerja rodi adalah salah satu bentuk kekejaman Belanda saat menjajah negara kita. Namun tahukah kamu kalau Belanda bukan hanya mengambil itu saja? Karena faktanya mereka juga mengambil warisan nenek moyang kita.

Tercatat banyak benda bersejarah yang memiliki eksistensi penting bagi kita, namun diangkut ke Belanda. Pemerintah sudah berulang kali meminta benda – benda tersebut untuk dikembalikan. Beberapa diantaranya ada yang berhasil, namun sebagian lagi tidak.

Nah, ini adalah deretan benda penting milik bangsa Indonesia yang masih berada di Belanda

Benda Penting Milik Indonesia yang Diambil Belanda

1.Patung Ken Dedes Pertama

Yang pertama adalah patung Ken Dedes. Kamu tahukan Ken Dedes? Ken Dedes merupakan sosok penting bagi sejarah bangsa Indonesia. Tanpa Ken Dedes, tidak akan ada raja – raja besar yang memimpin kerajaan – kerajaan yang lama – kelamaan membentuk Indonesia.

Sosoknya begitu penting, jadi peninggalan mengenai Ken Dedes sangat tinggi urgensinya untuk ditemukan. Lalu pencapaian tersebut berhasil dilakukan di tahun 1818.

Seorang Belanda berhasil menemukan patung tersebut di Jawa Timur. Namun Kolonial Belanda membawa patung ini ke negaranya untuk menjadi salah satu koleksi kebanggaan museum kota Leiden. Indonesia sudah berkali – kali meminta untuk patung ini dipulangkan, dan akhirnya Belanda setuju untuk memulangkannya pada tahun 1978.

2. Belasan Prasasti Penting dan Bersejarah

Prasasti merupakan salah satu hal penting untuk menelusuri jejak – jejak sejarah dengan lebih detail juga jelas. Banyak potongan mengenai sejarah yang terkuak lebar hanya melalui prasasti yang diterjemahkan.

Sebenarnya di Indonesia tersebar banyak sekali prasasti dengan jumlah yang lebih dari yang kita ketahui. Banyak prasasti penting yang Belanda bawa ke negaranya dan hingga kini ada beberapa yang masih menjadi pajangan museum – museum Belanda. Seperti Prasasti Sangsang dan Wujakana yang terdapat di museum Tropen.

3. Keris dan Senjata-Senjata Para Raja

Jika melihat dari tongkatnya saja kita bisa dapat mengagumi kehebatan Bung Karno, bahkan hanya dengan melihat pecinya saja kita sudah terbayang betapa karismatiknya sosok pembangun negeri ini. Begitulah, hanya melihat dari wujud yang dimiliki tokoh itu saja kita dapat merasakan kehebatan mereka.

Sama haknya dengan senjata kuno milik orang – orang besar jaman dahulu. Seperti keris Singo Barong yang diduga milik pembesar kerajaan Mataram. Namun sayangnya keris ini berada di belanda dan kita hanya dapat melihatnya melalui foto – foto, tidak secara langsung di negeri kita tercinta ini.

4. Naskah Kuno Keraton Kasunanan Surakarta yang Hilang

Dua tahun yang lalu pemerintah kota Solo mengatakan ingin Belanda untuk mengembalikan beberapa peninggalan penting Keraton Kasunanan Surakarta. Salah satunya adalah naskah kuno penting yang isinya merupakan jejak – jejak para leluhur.

Naskah tersebut berada pada salah satu museum yang terdapat di Belanda. Ada juga benda lain yang turun Belanda bawa ke negaranya, benda ini merupakan sebuah mobil kuno sang raja yang

dikatakan merupakan mobil pertama yang ada di Indonesia.

5. Patung Ganesha dan Anusapati

Terakhir yang akan kami bahas adalah patung Ganesha dan Anusapati. Kedua benda ini diambil di tempat yang berbeda. Kita dapat melihat patung ini di sebuah museum yang ada di Kota Leiden, Belanda. Pemerintah masih mengharapkan kedua benda bersejarah ini dapat kembali diambil seperti patung Ken Dedes.

Namun sepertinya sulit untuk meminta Belanda mengembalikan dua patung ini, karena mereka menjadi primadona di sana.

Inilah beberapa benda bersejarah indonesia yang berada di Belanda. Sebenarnya bukan hnay di Belanda saja, barang banrang bersejarah Inodnesia tersebar di beberapa negara di Eropa. Semoga kedepannya, barang – barang tersebut dapat kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *